Saturday, May 28, 2011

Motherboard MSI over heat


Hari ini saya sedang menangani motherboard MSI LGA yang rusak dengan kondisi seperti di bawah ini :

  1. Komputer hanya menyala sebentar, kemudian restart dan mati
  2. Temperature CPU/Processor mencapai 90 derajat Celcius dan terus naik sampai mati/restart ( berdasarkan monitor di Bios.
Saya langsung check pendingin Processor yang ternyata pastanya sudah kering dan berkerak, sehingga menyebabkan permukaan pendingin tidak menempel secara sempurna pada permukaan processor. Maka kerak bekas pasta tersebut saya bersihkan, demikian juga kerak pada permukaan Processor. Dan di beri pasta baru secukupnya. Kemudian saya pasang lagi dan Komputer saya nyalakan. Ternyata Temperature pada Hardware Monitor di Bios menunjukkan 45 derajat celcius ( normal ). Dan komputer berjalan normal, tidak restart/mati sendiri..
Semoda bermanfaat


EmoticonEmoticon