Tuesday, May 24, 2011

Repair LCD Monitor Advance

This my experience
Kerusakan pada LCD Advance ini adalalh mati total. Jadi tombol power tidak berfungsi sama sekali dan lampu led juga tidak menyala.

Step yang saya lakukan adalah melakukan pengechekan terhadap kabel Power dan ternyata saya dapati kabel power dalam keadaan putus satu jalur. Pengecekan ini saya lakukan menggunakan AVO meter biasa.

Kemudian saya gunakan kabel yang lain ( yang normal ), ternyata kondisi LCD tetap saja mati.
Akhirnya saya lakukan pengecekan pada board power yang ada di area dalam LCD. Hal ini hanya bisa di lakukan dengan membungkar LCD.

Pada board power ( yaitu board yang berhubungan langsung dengan kabel Power Listrik ) saya lakukan pengecekan terhadap semua komponen dioda dan dioda zenner. Dan alkhamdulillah saya menemukan salah satu dioda zener yang short. Akhirnya saya ganti dengan zener lain yang normal.

Kemudian saya tes dan berhasil. LCD normal kembali

Gambar di samping adalah dioda zener yang rusak
















Gambar di samping adalah Dioda zener pengganti ( zener biasa ), Dan hal ini tidak mempengaruhi kinerja LCD..












Semoga bermanfaat


EmoticonEmoticon